Prosedur Pendaftaran Program Studi ke Jepang

Prosedur Pendaftaran Sekolah Bahasa Jepang di Jepang

  1. Pendaftaran

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya Anda memilih sekolah yang akan dituju. JIPA bekerja sama dengan 22 Sekolah Bahasa Jepang yaitu 12 sekolah yang berada di wilayah Kanto, 3 Sekolah di area Tengah Jepang dan 7 Sekolah di wilayah Kansai. Setelah menentukan sekolah yang akan dituju, prosedur selanjutnya adalah melakukan pendaftaran.

* Silahkan hubungi PT. JIPA untuk mengetahui daftar sekolah bahasa.

  1. Interview

Setelah melakukan pendaftaran pada sekolah yang diinginkan, umumnya akan diadakan interview oleh pihak sekolah Jepang baik secara langsung maupun melalui Skype. Namun, tidak semua sekolah bahasa Jepang mengadakan interview dengan siswa.

  1. Mengumpulkan dan Menyerahkan Dokumen

Setelah melalui prosedur interview dan siswa dinyatakan lulus interview tersebut, langkah selanjutnya yaitu mengumpulkan dokumen yang diperlukan dan menyerahkan kepada pihak JIPA. Setelah semua dokumen terkumpul maka dokumen tersebut akan dikirim ke Jepang. Dan pihak sekolah di Jepang akan mengajukan dokumen tersebut ke Imigrasi Jepang untuk mendapatkan “Surat Ijin Tinggal di Jepang” atau disebut juga “Certificate of Eligibility”

  1. Pengumuman Certificate of Eligibility ( CoE )

Pengumuman lulus atau tidaknya Certificate of Eligibility dari pihak Imigrasi Jepang umumnya satu bulan sebelum keberangkatan siswa ke Jepang. Hasil akan diumumkan oleh PT. JIPA dengan menghubungi langsung siswa bersangkutan.

  1. Transfer biaya sekolah

Setelah “Certificate of Eligibility” terbit, siswa akan menerima salinan “Certificate of Eligibility” kemudian siswa wajib menyiapkan biaya sekolah awal sesuai dengan invoice yang diberikan oleh pihak sekolah. Biaya sekolah awal tersebut dapat langsung ditransfer ke sekolah di Jepang atau ditransfer ke pihak JIPA. Invoice yang diberikan berupa jumlah ¥ Yen  (mata uang Jepang), namun uang yang ditransfer ke pihak JIPA dalam jumlah rupiah. Pada saat transfer, mohon uang dikirim secara kolektif sesuai dengan jumlah ¥ Yen pada invoice. Jumlah ¥ Yen pada invoice dihitung dengan rate beli valas/mata uang ¥ Yen di Bank *(sesuaikan pada info valas di bank, biasanya tertulis rate sell. Rate sell yaitu customer membeli valas/mata uang asing)*

Jika membawa uang ¥ Yen ke Bank lalu ditransfer ke rekening JIPA, maka akan terjadi kerugian, sebab hal tersebut akan sama dengan menjual uang ¥ Yen ke Bank, sehingga akan dihitung memakai rate jual uang ¥ Yen.

 * Silahkan hubungi PT. JIPA untuk lebih detailnya.

  1. Penerimaan Certificate of Eligibility

Setelah sekolah memastikan telah menerima pembayaran uang sekolah, CoE akan dikirim ke Indonesia (untuk sampai di Indonesia memerlukan waktu sekitar 1 minggu).

  1. Pendaftaran Visa dan Tiket Pesawat

Setelah CoE sampai di Indonesia, prosedur selanjutnya yakni melakukan pendaftaran visa di Konsulat Jenderal Jepang di Indonesia. Setelah visa keluar melakukan pemesanan tiket keberangkatan ke Jepang.

  1. Berangkat ke Jepang

 

Jadwal Pengajuan Dokumen

Masuk Sekolah Tgl Penyerahan Dokumen ke JIPA Tgl Pengajuan ke Sekolah Tgl Pengajuan ke Imigrasi Pengumuman hasil CoE
Januari Juli Agustus September November
April Agustus September November Februari
Juli Januari Februari Maret Mei
Oktober Maret April Mei Akhhir Agustus

Kursus di JIPA

Kursus diberikan kepada siswa yang akan masuk ke Sekolah Bahasa Jepang yang  belum memiliki kemampuan dasar bahasa Jepang atau belum pernah belajar bahasa Jepang. Selain itu juga akan diberikan berbagai pengetahuan tentang Jepang seperti budaya, peraturab, kehidupan di Jepang dan sebagainya. Kursus diberikan secara intensif selama 3 bulan sebelum keberangkatan hingga mencapai level bahasa Jepang setara JLPT N4. Apabila siswa sudah pernah belajar bahasa Jepang setara dengan N4, maka kursus tidak diperlukan.

Facebook Comments