12903763_1170852719600115_1896461392_oProgram Studi ke Jepang adalah program studi ke sekolah bahasa di Jepang untuk siswa minimal lulusan SMA/SMK sederajat, mahasiswa segala jurusan atau masyarakat umum. Program studi lanjut ini bertujuan untuk belajar bahasa Jepang ke Sekolah Bahasa  di Jepang. Jangka waktu program ini yakni sekitar 1 – 2 tahun tergantung kemampuan bahasa Jepang awal siswa.

Program studi ini pada umumnya bertujuan untuk mempersiapkan kemampuan berbahasa Jepang setara N2 (minimal N3) sesuai dengan tes kemampuan berbahasa Jepang (JLPT) yang merupakan salah satu persyaratan mutlak untuk siswa yang akan melanjutkan kuliah ke jenjang perguruan tinggi atau bekerja di Jepang. Dengan kata lain, program belajar di sekolah bahasa Jepang ini merupakan batu loncatan pertama yang harus dilalui oleh siswa sebelum memasuki universitas atau perusahaan di Jepang.

Namun, tidak jarang juga siswa, mahasiswa maupun masyarakat umum yang mengikuti program studi ini. Mereka umumnya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang sekaligus membuka peluang untuk dapat berkarir di Jepang.

Dalam program studi ini, siswa tidak hanya belajar bahasa Jepang saja, akan tetapi siswa akan diberikan kerja part time, sehingga selain meningkatkan kemampuan bahasa jepang, siswa juga mendapatkan pengalaman bekerja di Jepang. Sehingga setelah lulus, siswa akan siap bekerja di Jepang.

Tujuan akhir dari program ini adalah untuk mendapatkan visa kerja di Jepang. Dengan mendapatkan visa kerja, maka siswa dapat bekerja dan berkarir dalam berbagai bidang  di Jepang sesuai dengan jurusan kuliahnya atau melanjutkan kuliah S1 di Jepang.

*Kami akan membantu merekomendasikan anda bekerja di Jepang setelah  menyelesaikan program study

14 skema studi

Periode Keberangkatan

Program studi ke Jepang JIPA dibagi ke dalam 3 (tiga) periode keberangkatan setiap tahunnya, antara lain periode keberangkatan bulan April, periode keberangkatan bulan Juli dan periode keberangkatan bulan Oktober. Masing-masing periode keberangkatan mempunyai jangka waktu belajar di sekolah bahasa Jepang yang berbeda-beda sebagai berikut.

Periode Keberangkatan Jangka waktu belajar di Jepang
April  2 tahun
Juli  1 tahun 9 bulan
Oktober  1 tahun 6 bulan

Prosedur

Program studi ke Jepang JIPA dibagi ke dalam 3 periode keberangkatan setiap tahunnya antara lain periode keberangkatan bulan April,  Juli dan  Oktober. Prosedur pendaftaran program studi ke Jepang untuk masing-masing periode keberangkatan umumnya sama namun batas waktu untuk masing-masing periode keberangkatan berbeda-beda. Adapun prosedur pendaftaran program studi ke Jepang untuk masing-masing periode keberangkatan adalah sebagai berikut.

Prosedur Periode April Periode Juli Periode Oktober
Pendaftaran Terakhir Akhir September Akhir Januari Akhir Februari
Pengajuan Dokumen di Imigrasi Jepang Akhir November Akhir Maret Akhir Mei
Pengumuman Certificate of Eligibility (CoE) Akhir Februari Akhir Mei Akhir Agustus
Pembayaran Uang Sekolah Awal Sampai dengan 10 Maret Sampai dengan 10 Juni Sampai dengan 10 September
Berangkat ke Jepang Akhir Maret Akhir Juni Akhir September

Biaya

Biaya sekolah pada program studi ke Jepang ini seluruhnya dibebankan kepada siswa. Dengan kata lain program ini adalah program dengan biaya sendiri. Biaya sekolah awal masing-masing sekolah berbeda tergantung sekolah dan daerahnya. Namun, umumnya uang SPP per bulan setiap sekolah bahasa Jepang berkisar 50.000 yen (sekitar Rp 5.000.000).

Pembayaran biaya program studi ke Jepang dilakukan secara bertahap. Tahap pertama pada saat mendaftar peserta wajib mengisi formulir, membayar uang daftar dan menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan untuk mengurus CoE.

Tahap kedua, setelah pengumuman Certificate of Eligibility (CoE), apabila dokumen siswa dinyatakan lulus, siswa diharapkan menyiapkan biaya sekolah awal (meliputi uang masuk sekolah, uang registrasi, uang buku, SPP, asuransi dan lain sebagainya) dalam kurun waktu satu minggu. Setelah pihak sekolah di Jepang memastikan bahwa uang sekolah sudah dibayarkan, maka Certificate of Eligibility (CoE) beserta dokumen-dokumen penerimaan siswa di sekolah bahasa Jepang akan dikirimkan melalui EMS ke Indonesia.

Tahap ketiga, apabila Certificate of Eligibility (CoE) beserta dokumen-dokumen penerimaan siswa di sekolah bahasa Jepang telah diterima, maka siswa sesegera mungkin memesan atau membeli tiket pesawat dan mendaftarkan visa ke konsulat Jepang di wilayah masing-masing.

Tahap keempat, yakni pada saat peserta berangkat ke Jepang, peserta wajib membawa uang saku untuk biaya hidup selama 1-2 bulan pertama. Untuk biaya hidup selanjutnya, siswa bisa atur sendiri dari hasil yang diperoleh dari bekerja paruh waktu di Jepang. (pasti dapat)

Mahasiswa asing dengan visa studi, sesuai peraturan hukum di Jepang diijinkan untuk bekerja paruh waktu maksimal 4 jam perhari atau 28 jam perminggu untuk menambah uang saku (biaya hidup) mereka selama menempuh pendidikan di Jepang. Jadi selama belajar di Jepang siswa juga dapat belajar mandiri dalam memenuhi kebutuhan mereka dengan melakukan kerja part time.

*Untuk rincian biaya (termasuk keringanan biaya, sistem pembayaran cicilan, simulasi pembayaran, Study package) silahkan hubungi kami. Kami memberikan konsultasi GRATIS

Dokumen yang diperlukan

Untuk proses pengajuan visa studi ke Jepang, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh siswa maupun sponsor. Sponsor yakni penjamin atau orang yang bertanggung jawab untuk seluruh biaya sekolah selama siswa belajar di Jepang. Sponsor umumnya orang tua sendiri atau anggota keluarga lain yang masih memiliki hubungan keluarga dengan pemohon.

Siswa cukup menyediakan dokumen yang diperlukan, setelah itu kami yang akan mengurus semuanya.

INFORMASI SEKOLAH TUJUAN

PT. JIPA bekerja sama dengan 22 Sekolah Bahasa Jepang yaitu 12 sekolah yang berada di wilayah Kanto, 3 Sekolah di area Chuubu Jepang, 7 Sekolah di wilayah Kansai, dan 1 sekolah di Kyuushuu.,  Setiap sekolah memiliki karakteristik masing-masing.daftar-sekolah-di-jepang

Untuk informasi detail tentang Sekolah Bahasa Jepang pada masing-masing wilayah tersebut silahkan kontak langsung PT. JIPA.

Grafik Peserta Ryuugaku

* Sejak PT. JIPA berdiri, kami telah mengirim lebih dari 200 siswa untuk belajar di jepang. Setiap tahunnya, siswa yang kami kirim selalu meningkat.

14 skema studi

Program studi bahasa jepang

skol bahasa

Program Studi khusus Bahasa Jepang (Visa study)

Program Studi bahasa Jepang adalah program studi ke sekolah bahasa di Jepang yang ditujukan untuk mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Jepang/ Sastra Jepang, yang telah menyelesaikan kuliah di Indonesia.

Program studi ini bertujuan untuk belajar bahasa Jepang di Sekolah Bahasa di Jepang dengan jangka waktu program  1 – 2 tahun tergantung kemampuan siswa. Setelah lulus dari sekolah bahasa maka siswa dapat berkarir di berbagai macam bidang usaha di Jepang.

Dalam program studi ini, siswa tidak hanya belajar bahasa Jepang saja, akan tetapi siswa akan diberikan kerja part time di restoran, hotel, convinience store, dan sebagainya sehingga selain meningkatkan kemampuan bahasa jepang, siswa juga mendapatkan skill komunikasi yang sesuai. Sehingga setelah lulus, siswa akan siap bekerja di Jepang.

Tujuan akhir dari program ini adalah untuk mendapatkan visa kerja di Jepang. Dengan mendapatkan visa kerja, maka siswa dapat bekerja dan berkarir  dalam segala macam bidang kerja di Jepang.

*Tersedia study package

*Kami akan membantu merekomendasikan anda bekerja di Jepang setelah  menyelesaikan program study

12004074_919752214772361_1150047790160121048_nCIMG54831468288530428