visa

Visa merupakan tanda bukti ijin untuk masuk dan beraktivitas di Jepang. Visa memiliki banyak jenis sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan di Jepang. Visa dikeluarkan oleh badan imigrasi Jepang. Jenis visa untuk ke Jepang adalah sebagai berikut:

  1. Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Keluarga
  2. Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Kunjungan Keluarga (apabila Pengundang adalah WN Jepang yang berdomisili di Indonesia)
  3. Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Teman
  4. Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri
  5. Visa Kunjungan Sementara Berkali-kali (Wisata)
  6. Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Bisnis
  7. Visa Kunjungan Sementara Berkali-kali (Bisnis)
  8. Visa Khusus (Visa Pelajar/ Bekerja/ Pelatihan/ Menetap dalam jangka waktu tertentu)
  9. Visa Transit

Untuk visa kunjungan sementara, tidak diperlukan CoE (Certificate of Eligibility). Akan tetapi berbeda apabila pemohon ingin tinggal dan beraktivitas (bekerja, sekolah dan aktivitas lainnya) di Jepang dalam jangka waktu lama, pemohon wajib untuk mengajukan ijin CoE ke kantor imigrasi di Jepang. Apabila CoE telah keluar, maka dapat mengajukan visa ke imigrasi yang ada di Indonesia. Untuk mengurus CoE sangatlah rumit, dan tidak bisa dilakukan secara personal, CoE hanya dapat dikeluarkan atas permohonan lembaga yang dituju di Jepang.

Untuk program yang ditawarkan PT. JIPA, menggunakan visa yang dikategorikan visa khusus. Visa khusus sendiri terbagi dalam beberapa jenis yaitu visa study untuk belajar di Jepang, visa aktivitas khusus untuk internship dan visa magang untuk program magang. Untuk siswa yang mengikuti seluruh program JIPA tidak perlu khawatir karena PT. JIPA akan mengurus seluruh proses dari permohonan  hingga penerbitan visa. Siswa hanya cukup menyiapkan dokumen yang diperlukan